KUIS ILMU KOMUNIKASI
SOAL
:
1. Gambarlah
skema komunikasi pendidikan menurut Anda, dan jelaskan !
2. Jelaskan
persiapan hingga akhir pada sebuah proses rapat !
3. Jelaskan
hambatan komunikasi pada organisasi pendidikan !
|
1.
Penjelasan :
Pada skema di atas
komunikasi pendidikan terjadi antara guru dan siswa dalam sebuah kelas, dimana
guru sedang memberikan materi pelajaran kepada siswa. Gambar tersebut menunjukkan
komunikasi antara guru dan murid yang terjadi secara timbal balik. Maksudnya
masing – masing pihak yaitu guru dan murid memiliki kesempatan berpikir,
berimprovisasi / berpersepsi terhadap suatu topik yang sedang dibicarakan yaitu
materi pelajaran, sampai pada titik kesimpulan bersama. Dari proses komunikasi
tersebut maka akan terjadi proses komunikasi memusat, dimana masing – masing
guru dan siswa mencapai titik pemahaman / kepuasan yang sama atas kesimpulan
yang diperoleh. Karena masing – masing pesan yang dihasilkan dari komunikasi
guru ke siswa atau siswa ke guru sama - sama menciptakan umpan balik atau
fedback yang diharapkan. Sehingga murid tidak hanya menjadi pendengar tetapi
terkadang menjadi pembicara dan sekaligus bertanya terhadap apa yang belum
dipahami.
2. Agar
terselenggara rapat yang baik, perlu diadakan persiapan terlebih dahulu. Adapun
persiapan – persiapan tersebut adalah :
a. Membentuk
panitia yang akan menyelenggarakan
rapat, biasanya pada rapat – rapat besar.
b. Agenda,
yaitu menentukan materi yang akan dibahas dan banyaknya waktu yang akan
diperlukan untuk membahas materi tersebut.
c. Working
paper, jika dianggap perlu harus
ditentukan siapa yang akan membuatnya, jika sudah siap kepada siapa working
paper itu dibagikan.
d. Pemimpin
rapat, menentukan siapa yang akan memimpinnya.
e. Jumlah
peserta rapat, perlu diperhitungkan jumlah anggota rapat.
f. Undangan
rapat
g. Pengaturan
ruang rapat
h. Alat
perlengkapan rapat, misalnya sound system, microphone, penghapus papan, papan
tilis, OHP, LCD, proyektor dll.
i.
Kesehatan termasuk di dalamnya menu
konsumsi serta obat.
j.
Akomodasi jika dianggap perlu jika rapat
memakan waktu lebih dari satu hari.
3. a.
Hambatan karena gangguan ( Noises ) :
1. Gangguan
Mekanik / Phonetik ( Mechanical / Phonetic Noise ), yaitu gangguan yang
disebabkan saluran komunikasi atau kegaduhan yang bersifat fisik, seperti bunyi
– bunyian yang berisik yang mengganggu suara komunikator tidak jelas.
2. Gangguan
Semantik ( Semantik Noise ), yaitu gangguan yang terjadi berkaitan dengan
bahasa atau lambang – lambang yang memiliki makna ganda. Gangguan
semantic dipengaruhi oleh pengertian yang konotatif (connotative meaning),
yaitu pengertian yang bersifat emosional dan evaluative yang disebabkan latar
belakang dan1/2pengalaman seseorang.
b. Hambatan
Karena Kepentingan (Interest) Faktor kepentingan juga akan menghambat
komunikasi yang efektif, karena factor kepentingan komunikan yang membuat
komunikan akan selektif dalam menerima dan menanggapi pesan. Orang akan
terangsang oleh pesan yang menjadi kebutuhannya.
c. Hambatan
Karena Motivasi (Motivation) Faktor motivasi komunikan juga akan mempengaruhi
tingkat kepedulian, perhatian dan rangsangan terhadap pesan yang disampaikan
oleh komunikator.
d. Hambatan
karena Prasangka (Prejudice).
e. Hambatan
komunikan dalam menyaringan pesan yang telah disampaikan oleh komunikator.
f. Hambatan
karena persepi yang berbeda antara komunikator dan komunikan terhadap suatu hal
yang sedang dibicarakan.
g. Hambatan
selektif, dimana terkadang ada orang yang pilih – pilih dalam mengajak berkomunikasi
atau berbicara seseorang dan orang tersebut cenderung arogan.
h. Hambatan
defensif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar