Rabu, 09 Mei 2012


KUIS ILMU KOMUNIKASI

SOAL :
1.    Gambarlah skema komunikasi pendidikan menurut Anda, dan jelaskan !
2.    Jelaskan persiapan hingga akhir pada sebuah proses rapat !
3.    Jelaskan hambatan komunikasi pada organisasi pendidikan !

Materi
 
JAWABAN:
1.     
 

















Penjelasan :
Pada skema di atas komunikasi pendidikan terjadi antara guru dan siswa dalam sebuah kelas, dimana guru sedang memberikan materi pelajaran kepada siswa. Gambar tersebut menunjukkan komunikasi antara guru dan murid yang terjadi secara timbal balik. Maksudnya masing – masing pihak yaitu guru dan murid memiliki kesempatan berpikir, berimprovisasi / berpersepsi terhadap suatu topik yang sedang dibicarakan yaitu materi pelajaran, sampai pada titik kesimpulan bersama. Dari proses komunikasi tersebut maka akan terjadi proses komunikasi memusat, dimana masing – masing guru dan siswa mencapai titik pemahaman / kepuasan yang sama atas kesimpulan yang diperoleh. Karena masing – masing pesan yang dihasilkan dari komunikasi guru ke siswa atau siswa ke guru sama - sama menciptakan umpan balik atau fedback yang diharapkan. Sehingga murid tidak hanya menjadi pendengar tetapi terkadang menjadi pembicara dan sekaligus bertanya terhadap apa yang belum dipahami.
2.    Agar terselenggara rapat yang baik, perlu diadakan persiapan terlebih dahulu. Adapun persiapan – persiapan tersebut adalah :
a.       Membentuk panitia yang akan menyelenggarakan  rapat, biasanya pada rapat – rapat besar.
b.      Agenda, yaitu menentukan materi yang akan dibahas dan banyaknya waktu yang akan diperlukan untuk membahas materi tersebut.
c.       Working paper,  jika dianggap perlu harus ditentukan siapa yang akan membuatnya, jika sudah siap kepada siapa working paper itu dibagikan.
d.      Pemimpin rapat, menentukan siapa yang akan memimpinnya.
e.       Jumlah peserta rapat, perlu diperhitungkan jumlah anggota rapat.
f.       Undangan rapat
g.      Pengaturan ruang rapat
h.      Alat perlengkapan rapat, misalnya sound system, microphone, penghapus papan, papan tilis, OHP, LCD, proyektor dll.
i.        Kesehatan termasuk di dalamnya menu konsumsi serta obat.
j.        Akomodasi jika dianggap perlu jika rapat memakan waktu lebih dari satu hari.

3.    a. Hambatan karena gangguan ( Noises ) :
1.    Gangguan Mekanik / Phonetik ( Mechanical / Phonetic Noise ), yaitu gangguan yang disebabkan saluran komunikasi atau kegaduhan yang bersifat fisik, seperti bunyi – bunyian yang berisik yang mengganggu suara komunikator tidak jelas.
2.    Gangguan Semantik ( Semantik Noise ), yaitu gangguan yang terjadi berkaitan dengan bahasa atau lambang – lambang yang memiliki makna ganda. Gangguan semantic dipengaruhi oleh pengertian yang konotatif (connotative meaning), yaitu pengertian yang bersifat emosional dan evaluative yang disebabkan latar belakang dan1/2pengalaman seseorang.
b.    Hambatan Karena Kepentingan (Interest) Faktor kepentingan juga akan menghambat komunikasi yang efektif, karena factor kepentingan komunikan yang membuat komunikan akan selektif dalam menerima dan menanggapi pesan. Orang akan terangsang oleh pesan yang menjadi kebutuhannya.
c.    Hambatan Karena Motivasi (Motivation) Faktor motivasi komunikan juga akan mempengaruhi tingkat kepedulian, perhatian dan rangsangan terhadap pesan yang disampaikan oleh komunikator.
d.   Hambatan karena Prasangka (Prejudice).
e.    Hambatan komunikan dalam menyaringan pesan yang telah disampaikan oleh komunikator.
f.     Hambatan karena persepi yang berbeda antara komunikator dan komunikan terhadap suatu hal yang sedang dibicarakan.
g.    Hambatan selektif, dimana terkadang ada orang yang pilih – pilih dalam mengajak berkomunikasi atau berbicara seseorang dan orang tersebut cenderung arogan.
h.    Hambatan defensif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar