KATA PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan
hidayahnya makalah laporan observasi mata kulaih ilmu komunikasi di SDN
Penjaringan Sari II dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Komunikas merupakan sarana untuk terjalinnya hubungan antar seseorang
dengan orang lain, dengan adanya komunikasi maka terjalinlah hubungan sosial,
karena manusia itu adalah sebagai makhluk sosial, di antara yang satu dengan
yang lainnya saling membutuhkan, sehingga terjadinya interaksi yang timbal
balik.
Proses penyampaian informasi itu
akan berhasil apabila ditunjang engan alat atau media sebagai sarana penyaluran
informasi atau berita. Dalam kenyataannya bahwa proses komuikasi itu tidak
selamanya lancar, hal ini terjadi karena kurangnya memperhatikan unsur-unsur
yang semestiya ada dalam proses
komunikasi.
Untuk mengetahui proses komunikasi antara Guru dengan murid di kelas maupun
di luar kelas, maka dilaksanakan suatu observasi dan di sunsunlah makalah laporan
penelitian ilmu komunikasi yang berjudul LAPORAN OBSERVASI MATA KULIAH
ILMU KOMUNIKASI DI SDN PENJARINGAN SARI II RUNGKUT. Makalah ini disunsun berdasarkan
penelitian yang di lakukan pada saat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD
tersebut.
Kami menyadari, makalah ini masih jauh dari sempurna meskipun telah
diusahakan semaksimal mungkin untuk tampil seperti harapan semua pihak. Namun
keterbatasan sebagai seorang penulis masih tetap ada. Oleh karena itu, kritik
dan saran dari pembaca sangat diperlukan untuk penyempurnaan di masa yang akan
datang.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua. Amin...
Surabaya, 31 April 2012
DAFTAR ISI
Kata Pengantar.....................................................................................................................i
Daftar
Isi..............................................................................................................................ii
BAB I Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang..............................................................................................................iii
1.2 Rumusan
Masalah.........................................................................................................iv
1.3 Tujuan
Penelitian..........................................................................................................iv
BAB II Pembahasan
2.1 Pengertian
Komunikasi.................................................................................................1
2.2 Proses Komunikasi
Yang Terjadi Antara Guru dan Murid di SDN Penjaringan
Sari II.............................................................................................................................25
2.3 Keefektifan Proses
Komunikasi Yang Dijalin Guru Di Sekolah...................................29
2.4 Hambatan Yang Terjadi
Pada Saat Prses Komunikasi Dan Cara Mengatasinya...........31
BAB III Penutup
3.1 Kesimpulan.....................................................................................................................34
3.2
Saran...............................................................................................................................35
Lampiran – Lampiran
Silabus Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam..................................................................40
RPP Pembelajaran................................................................................................................46
Foto Dokumentasi................................................................................................................99
Visi dan Misi
Sekolah...........................................................................................................103
BAB I
PENDAHULUAN
1.
LATAR
BELAKANG
Komunikasi adalah
proses prnyampaian pesan yang mengandung arti dari komunikan kepada
komunikator. Komunikasi dikatakan berjalan dengan baik jika komunikan
memberikan feedback atau umpan balik sesuai yang diharapkan oleh komunikator.
Dalam praktiknya, komunikasi memerlukan media sebagai alat bantu penyampaian
pesan yang disampaikan.
Komunikasi berlangsung
dimana saja bisa dirumah, sekolah, kampus, kantor, dan tempat – tempa lain.
Komunikasi di rumah bisa terjadi antara orang tua dan anak, antar saudara
ataupun antar oang tua dengan orang tua. Sedangkan komunikasi di sekolah dapat
terjadi antara teman dengan teman, antara guru dan murid dan guru dengan guru maupun
warga lain disekitar sekolah.
Karena mengajar
dilakukan dengan maksud membantu siswa untuk belajar, maka pendidik perlu
memperhatikan kualitas mengajar. Menurut Hughes menyatakan bahwa kualitas
mengajar yang baik terletak pada kualitas respons yang diberikan guru kepada
siswa dalam interaksi belajar mengajar.
Proses belajar mengajar akan senantiasa
merupakan proses kegiatan interaksi antara dua unsur manusiawi di mana siswa
sebagai pihak yang belajar dan guru sebagai pihak yang mengajar. Proses itu
sendiri merupakan mata rantai yang menghubungkan antara guru dan siswa sehingga
terbina komunikasi yang memiliki tujuan yaitu tujuan pembelajaran.
Sebagai seseorang yang memiliki posisi
strategis dalam kegiatan pembelajaran, guru harus memiliki beberapa kompetensi meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Yang berkaitan dengan
kompetensi pedagogik yaitu kompetensi yang
berhubungan langsung dengan keterampilan guru dalam kegiatan belajar mengajar.
Dengan keterampilan guru dalam menciptakan iklim komunikatif diharapkan siswa
dapat berpartisipasi aktif untuk mengeluarkan pendapatnya, mengembangkan
imajinasinya dan daya kreativitasnya. Tentu komunikasi guru dan siswa yang
dimaksud adalah dalam kegiatan pembelajaran tatap muka baik secara verbal
maupun non verbal, baik secara individual maupun kelompok dan dibantu dengan
media atau sumber belajar.
Komunikasi yang
efektif di sekolah antara guru dan murid berdampak pada prestasi murid di
sekolah. Guru yang dapat mengkomunikasikan dengan baik materi yang diajarkan
meyebabkan murid dapat dengan mudah menerima materi pelajaran serta gampang
mengingatnya tanpa harus menghafal. Banyak hal yang mempengaruhi keefektifan
pengajaran guru di sekolah, mulai dari media yang digunakan, bahasa, dan teknik
penyampaiannya.
2. RUMUSAN MASALAH
1.
Apakah
komunikasi itu ?
2.
Bagaimanakah proses komunikasi yang terjadi antara guru
dan murid di SDN Penjaringan Sari II ?
3.
Efektifkah proses komunikasi yang terjalin antara guru
dan murid di SD tersebut ?
4.
Hambatan apa yang dihadapi dan bagaimana cara mengatasi
hambatan yang terjadi tersebut ?
3. TUJUAN PENELITIAN
1.
Memahami
hakikat komunikasi, komponen seta prinsip – prinsip komunikasi.
2.
Mengetahui proses komunikasi yang terjadi antara guru
dan murid di SDN Penjaringan Sari II.
3.
Mengetahui keefektifan proses komunikasi yang dijalin
guru di sekolah.
4.
Mengetahui hambatan yang tejadi dan cara untuk
megatasinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar